3 Indikator Sukses Dalam Berbisnis

3 Indikator Sukses Dalam Berbisnis

Berkecimpung di dunia bisnis online saat ini memang sangat menguntungkan. Buktinya, knowledge dari Statista mengungkapkan, terdapat transaksi penjualan on-line di seluruh dunia pada sepanjang tahun 2016 mencapai US$1,86 triliun. Angka tersebut diperkirakan bakal meningkat mencapai US$4,eight triliun pada tahun 2021. Penting untuk mengidentifikasi ceruk Anda sendiri dan memastikan strategi dan rencana bisnis ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pasar tertentu. Ini berarti sejumlah besar upaya harus dimasukkan ke dalam riset pasar awal dan menggabungkannya dengan analisis terperinci tentang kekuatan dan kemampuan Anda sebagai wirausahawan dan sumber daya Anda.

Bisnis sebagai sarana menuju kesuksesan

Jika konsumen bisa mendapatkan produk dengan kualitas sama persis namun dengan harga lebih murah, maka jangan heran lapak pesaing lebih ramai. Faktor pertama yang cukup menentukan keberhasilan sebuah program pemasaran adalah soal pangsa pasar. Sebab perlu diakui memasarkan produk dengan pangsa pasar luas jauh lebih mudah dibanding yang pangsanya sedikit. Artinya semakin luas pangsa pasarnya maka peminatnya semakin banyak, sehingga kesuksesan pemasaran jauh lebih mudah diraih.

Seorang psikolog yang sangat terkenal William James juga mengatakan bahwa “Prinsip paling dalam dari sifat dasar manusia adalah kebutuhan untuk dihargai”. Ini adalah suatu rasa lapar manusia yang tak terperikan dan tak tergoyahkan. Seorang komunikator akan berhasil dalam komunikasi jika mampu mengubah sikap, opini, dan perilaku komunikan melalui mekanisme daya tarik, yakni ketika pihak komunikan merasa bahwa komunikator ikut serta dengannya. Dengan kata lain, komunikan merasa memiliki kesamaan dengan komunikator sehingga komunikan bersedia taat pada isi pesan yang disampaikan komunikator. Bahasa tubuh pada dasarnya penyampaian pesan dengan menggunakan tubuh kita sendiri sebagai penyampai pesannya diluar mulut kita.

Bagi pimpinan perpustakaan harus lebih aktif dan kreatif dalam mengelola perpustakaan. Artinya sekalipun perpustakaan bukan organisasi yang mencari keuntungan, namun dalam pengelolaannya dapat mengadopsi berbagai cara yang diterapkan oleh dunia bisnis. Perpustakaan dapat belajar ke organisasi bisnis tentang bagaimana mengelola sumber daya manusia, mengatur keuangan, menerapkan konsep pemasaran dsb. Aplikasi konsep pemasaran, misalnya, dapat diterapkan di perpustakaan dengan berbagai penyesuaian.Penerapan konsep pemasaran organisasi nirlaba telah berkembang sejak tahun 1970-an.

Lain halnya bila menggunakan pos yang harus mengeluarkan biaya dan waktu untuk bisa sampai di tujuan. Memang dalam tahap ini belum menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan laba dan investasi. Kebanyakan bisnis kecil hanya sampai indikator ini, penghasilan yang didapat hanya cukup untuk menghasilkan upah yang layak saja. Ditemui seusai konferensi pers Rans Carnival di Smesco Indonesia, Jakarta, Rabu (26/2), Raffi mengatakan senang terlibat dalam memajukan UKM di Indonesia. Dia berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam upaya mendorong UKM naik kelas melalui Rans Carnival. Bersama sang istri, Nagita Slavina, mereka sukses menciptakan konten-konten seru hingga YouTube mereka menjadi ladang pundi-pundi rupiahnya.

Infrastruktur fisik yang kualitasnya kurang baik dapat menyebabkan masalah yang lebih buruk. Tidak dapat dipungkiri, para investor harus mempertimbangkan kondisi Indonesia secara geografis. Lokasi Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa menyebabkan wilayahnya berada di area curah hujan tropis berat. Dipadukan dengan lokasinya yang terletak di Cincin Api Pasifik, membuat Indonesia rentan dengan bencana alam . Hal-hal demikian jelas membuat para investor berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk berinvestasi di Indonesia.

Comments are closed.