Mengapa Investasi Penting?

Mengapa Investasi Penting?

Rencananya, akhir tahun ini ModalSaham akan bekerjasama dengan FMC dan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia UNPAD untuk membuat program \”YukModalSaham\” dan \”PojokModalSaham\”. “Kondisi tersebut diharapkan dapat mendorong para PMI untuk menjadikan BNI sebagai financial institution Indonesia yang dapat memfasilitasi seluruh kebutuhan transaksi perbankannya,” ujar Bimo. Jaka juga menyampaikan bahwa wirausaha yang sukses bukan dari modal usaha yang besar tetapi dari pengelolaan uang yang benar.

Manfaat menabung akan lebih terasa apabila Anda menaruhnya di financial institution sebab ada potensi memperoleh imbal hasil atau bunga. Baik menabung maupun investasi sebenarnya bisa menghadirkan manfaat menabung yang hampir sama. Jika Anda memilih berinvestasi, semakin panjang jangka waktunya, semakin terasa manfaatnya. Dengan melakukan investasi Anda dapat membangun kebahagiaan hidup keluarga Anda. Dimana kebutuhan keluarga Anda yang harus terpenuhi di masa depan sudah dipersiapkan. Anda dan keluarga Anda dapat hidup dengan tenang tanpa perlu cemas memikirkan biaya hidup, biaya pendidikan dan sebagainya.

Jika sudah punya komitmen untuk menabung dan berinvestasi maka harus mulai dengan cermat mengatur pengeluaran. Bagi Ligwina tidak jadi masalah gaya hidup naik ketika gaji meningkat, asalkan investasi juga tetap naik. Namun, banyak orang, terutama anak-anak muda, belum menyadari akan pentingnya melakukan hal itu. Dalam kondisi krisis seperti pandemi COVID-19 saat ini, barulah semua sadar akan pentingnya menabung dan investasi.

Banyak orang ingin dipandang “orang berada” dengan cara gaya hidup yang berlebihan. Berlomba-lomba dalam bergensi dengan memakai produk-produk yang tidak dibutuhkan. Dengan menabung, setidaknya anda akan mengontrol pengeluaran yang tidak perlu dan menyisihkannya untuk ditabung.

Anda bisa membuat skala prioritas untuk mendahulukan biaya kebutuhan dan mengesampingkan dana yang mesti dikucurkan untuk keinginan. Jangan berpikir manfaat menabung hanya terkait pengembangan dana, baik itu menabung konvensional maupun dengan model investasi. Nyatanya dalam jangka pendek, berbagai manfaat menabung ini dapat Anda peroleh. Hanya ada dua pilihan dalam menabung, yaitu menabung di rumah atau mempercayakan uang yang sudah Anda sisihkan ke dalam rekening perbankan. Menabung bisa dilakukan dengan menyimpan uang di celengan ataupun menaruhnya di financial institution.

Investasi riil tidak ada perantara atau broker, karena pemilik aset menjadi perantara untuk dirinya sendiri. Sehingga tidak ada biaya perantara dan semua keputusan semua di tangan pemilik aset. Uang yang disimpan di dalam tabungan akan mendapatkan bunga setiap periode tertentu . Tabungan dan investasi merupakan dua hal yang berbeda, namun masyarakat terkadang masih belum paham sepenuhnya dan kerap mengartikannya sama. Konsekuensi Fasilitas Margin hanya apabila ratio kewajiban mencapai 75%, maka akan dilakukan forced-sell sesuai dengan ketentuan manajemen risiko IndoPremier.

Pentingnya menabung, dan berinvestasi

Pastikan kamu memilih jenis investasi yang paling sesuai dengan kondisi keuangan, tujuan, atau kemampuan kamu, ya! Dan jangan lupa untuk pelajari kembali instrumen investasi yang kamu inginkan agar kamu bisa memahami setiap kelebihan dan kekurangannya. Ketika seseorang menjual emas untuk mendapatkan uang tunai akan lebih cepat karena emas memiliki likuiditas tinggi. Hal ini membedakan investasi emas dengan instrumen investasi lainnya. Bagi investor, likuiditas emas yang tinggi akan memudahkan bisnis ketika tiba-tiba harus membutuhkan uang tunai darurat. Lain hal dengan investasi saham yang bersifat fluktuatif dan berisiko tinggi, harga emas cenderung naik setiap tahunnya.

Sehingga, ia diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi generasi seusianya dan keluarga Indonesia untuk menabung dan berinvestasi demi mencapai tujuan finansialnya. Co-Founder Pluang, Claudia Kolonas berharap, masyarakat Indonesia bisa belajar mengenai kesadaran finansial dari Hamish dan Chelsea. Jadi, masyarakat bisa tergerak untuk mulai menabung dan berinvestasi demi masa depan yang lebih baik. Ketika Anda sudah pensiun nantinya, maka perusahaan tempat Anda bekerja dulu akan memberikan uang pensiun sesuai dengan perhitungan yang telah ditentukan. Meskipun nantinya Anda mendapatkan uang tersebut, namun ada baiknya jika Anda bisa menabungkan sebagian uang pensiun Anda untuk modal membuka usaha agar bisa mendapatkan penghasilan lagi. Karena dengan menggunakan dana tabungan untuk berinvestasi, maka Anda sudah memiliki persiapan yang lebih matang untuk berinvestasi dengan jumlah yang besar dan dengan modal awal yang cukup besar.

Mbak Rista menyampaikan bahwa perencanaan keuangan sehebat apapun tidak akan berhasil tanpa kedisiplinan diri sendiri. Disiplin untuk menyisihkan hasil pendapatan ke tabungan investasi dan disiplin dalam membelanjakan uang tidak melebihi goal. Disiplin adalah kunci untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan yang diharapkan. Tentunya, hal tersebut melewati inflasi yang berkisar antara 3% hingga 5% per tahun. Reksa dana bisa mengimbangi kenaikan biaya pendidikan yang mencapai 10% setiap tahunnya.

Jangan sampai hal tersebut mengganggu pengeluaran lainnya, seperti cicilan kartu kredit, sewa rumah, investasi hingga dana darurat. Poin ini merupakan salah satu faktor yang dipilih oleh nasabah untuk berinvestasi dalam bentuk deposito. Untuk memberikan rasa aman pada masyarakat dan khususnya nasabah financial institution, maka uang yang anda simpan dalam bentuk deposito dijamin oleh negara. Deposito dikenal dengan suku bunga yang kompetitif dibandingkan dengan suku bunga pada produk tabungan.

Comments are closed.