Siapkah Kita Menjadi Pemimpin ?

Siapkah Kita Menjadi Pemimpin ?

Jika untuk memimpin diri sendiri saja sudah gagal, bagaimana memimpin dan mengatur orang lain? Aturlah berbagai aspek fundamental dalam diri Anda, mulai dari waktu, perhatian, hingga emosi diri. Pada kenyataannya, menjadi seorang pemimpin yang baik itu tidak hanya sekadar tekad yang tinggi. Lebih jauh lagi, seorang pemimpin sejati haruslah didukung sejumlah kriteria tertentu yang didapat dari proses yang panjang dan konsisten.

Pusat dukungan mahasiswa ada karena universitas mengerti wajar saja mahasiswa baru menghadapi ketidaknyamanan dengan kehidupan baru mereka. Semasa kuliah, apalagi di luar negeri, tentunya kita akan melihat banyak perbedaan pendapat dan kebiasaan hidup. Itu adalah hal yang wajar, karena latar belakang yang berbeda tentu saja akan mempengaruhi cara pikir dan kebiasaan hidup seseorang. Mengganggap perbedaan itu adalah sesuatu yang salah bukanlah langkah yang tepat. Akan lebih baik memanfaatkan kesempatan unik ini untuk mengenal kebudayaan dan kebiasaan rekan-rekan mahasiswa dari negara lain dan berbaur bersama mereka. Dengan demikian Anda telah memiliki salah satu kriteria yang diminati perusahaan.

Mengetahui kemampuan diri kita sendiri untuk memimpin

Namun, kemudian bertindak untuk mengalokasikan pikiran dan tenaganya guna melakukan berbagai macam perbaikan berdasar masukan dan kritikan yang didapat. Ibarat bercermin, kita tak akan bisa melihat wajah sendiri tanpa bantuan cermin. Maka, masukan dari orang lain tentang perusahaan yang dijalankan, menjadi nilai yang bisa diadopsi—sepanjang baik dan memungkinkan—untuk bisa dijalankan.

Agak berbeda dengan konteks di Poso, gejolak sosial di Morowali, khususnya di Tana Mori, sangat dipengaruhi oleh figur seorang warlord di Kecamatan Mori Atas bernama Ambo Dae. Tokoh asal Sulawesi Selatan ini pada awalnya adalah anak buah pemimpin DI/TII, Kahar Muzakkar, yang hijrah ke Sulawesi Tengah untuk melarikan diri dari pengejaran TNI. Bersama anak buahnya ia menetap di Desa Peleru Bugis, waktu Desa Peleru Bugis dan Desa Peleru Pamona belum dilebur oleh pemerintah. Selebaran itu adalah hasil pertemuan kelompok Agfar Patanga dan sahabat-sahabatnya, yang berapat di rumah jabatan Bupati Patanga pada tanggal 22 Desember 1998.

Kerja sama yang didasarkan pada kemitraan akan membawa kinerja unit kerja menjadi lebih baik. Pemimpin yang karismatik memiliki pengaruh yang kuat atas para pengikut oleh karena karisma dan kepercayaan diri yang ditampilkan. Para pengikut cenderung mengikuti pemimpin karismatik karena kagum dan secara emosional percaya dan ingin berkontribusi bersama dengan pemimpin karismatik. Karisma tersebut timbul dari setiap kemampuan yang mempesona yang ia miliki terutama dalam meyakinkan setiap anggotanya untuk mengikuti setiap arahan yang ia inginkan. Seseorang dengan orientasi problem fixing yang baik biasanya memiliki kemampuan untuk berpikir kritis dan bernalar logis.

Sedangkan keterampilan teknis adalah kemampuan yang meliputi keterampilan yang berkaitan dengan bidang yang ditekuni. Selain itu, ia juga menyatakan sifat kongres pemuda yang sedang berlangsung itu adalah perseorangan. Kongres Pemuda Pertama berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 30 April hingga 2 Mei 1926 dengan menggunakan bahasa Belanda. Kongres ini bertujuan untuk membangkitkan semangat kerja sama antara berbagai perhimpunan pemuda dan mencari dasar persatuan bagi Indonesia.

Taufik dan Hidayat, kedua anak kembar Patanga, juga dibelikannya aset berbisnis. Taufik dibelikannya ruko di Jalan Taman Siswa, juga di daerah Pakualaman, di mana ia membuka penyewaan participant dan CD, laundry dan wartel. Hidayat dibelikannya ruko di daerah Kali Mambu seharga Rp one hundred fifty juta. Gafur, anak bungsu Patanga, telah mendirikan sebuah manufacturing house, Orange Digital Video, di Jalan Timoho No. 32, Yogyakarta. Rumah produksi film-film pendek untuk disiarkan di televisi, dan telah mendapatkan order kecil-kecilan. Meningkatnya gerakan oposisi itu direspons oleh Arief Patanga dengan memobilisasi preman-preman untuk berdemonstrasi mendukung rezimnya dan menentang opoisi PDI.

Oleh karena belajar adalah suatu amal baik, maka anda harus meluruskan niat anda agar dibimbing oleh Tuhan menuju kepada kesuksesan. Niat yang kuat akan menghantarkan seseorang pada tujuan yang dicita-citakanya. Sebaliknya kalau motivasi berprestasi tidak tumbuh dalam diri anda, maka akan bagaimana mungkin akan memperoleh kesuksesan sebagai mana yang di harapkan? Dorongan yang kuat untuk menjadi mahasiswa berprestasi yang di dukung oleh niat yang lurus akan mewujudkan tujuan anda. Keterampilan menetapkan tujuan, sasaran dan target amat penting dalam meraih cita-cita anda. Dan jangan dilupakan bahwa motivasi terhebat seorang anak adalah orang tua maka tetaplah menjaga hubungan tersebut.

Tujuan itu harus terukur, kemudian merumuskan langkah menuju ke sana serta menetapkan jangka waktu pencapaiannya. Jadi dapat dikatakan bahwa integritas adalah suatu sikap dan perilaku konsisten untuk menjunjung tinggi etika kerja dan etika profesi. Integritas mensyaratkan adanya godaan atau peluang untuk melakukan perbuatan tercela. Namun orang yang berintegritas tidak melakukan perbuatan tercela tersebut karena ia memiliki keyakinan akan pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai luhur di lingkungannya.

Untuk Anda yang ingin mendapatkan suggestions dan berita terbaru seputar keuangan, bisnis, pajak dan lainnya? Kunjungi dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, saat ini tersedia solusi untuk memudahkan kesulitan yang dihadapi oleh pelaku usaha. Yakni dengan menggunakan aplikasi pembukuan seperti Harmony yang dibuat untuk mempermudah aktivitas pencatatan keuangan. “Kami harus mengakui, kami memiliki atmosfer yang jauh lebih baik di tim daripada di tahun 2018,” kata Hummels.

Comments are closed.