Umkm Garut Lakukan Berbagai Cara Agar Tetap Bertahan Di Masa Pandemi Covid

Umkm Garut Lakukan Berbagai Cara Agar Tetap Bertahan Di Masa Pandemi Covid

Pinjaman modal kerja dari Pintek ini berfokus pada pengembangan, perbaikan, dan penambahan fasilitas pendidikan agar lebih optimum. Dengan kata lain, konsumen jadi memiliki alasan untuk memilih jasa privat yang kamu jalankan. Perlu adanya konsep yang matang sebelum menjalankan bisnis, bahkan untuk les privat sekali pun. Dengan konsep yang matang dan perencanaan yang rapi kamu bisa menjalankan bisnis dengan lebih nyaman, di mana produk jasa yang ditawarkan tepat sasaran.

Hal ini tentunya sangat berdampak terhadap perekonomian negara, di mana UMKM berkontribusi sekitar 60% dari produk domestik bruto negara. Sementara Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia Ikhsan Ingratubun, mengatakan UMKM saat ini memang sudah mulai bangkit meski belum pulih seperti 2019 lalu. Ikhsan menyebut saat ini banyak pelaku UMKM beralih ke dunia digital dalam menjual produknya. Stafsus Menkop UKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, Fiki Satari, menyampaikan berdasarkan hasil survei Lembaga Demografi FMB UI, ninety nine persen UMKM sudah mendaftar dan menerima bantuan pemerintah. Belum lama ini aktor tampan Ibnu Jamil membuka bisnis kuliner, yaitu mie ayam yang diberi nama MantabJon. Diakuinya bisnis ini dijalani demi bisa tetap produktif selama masa pandemi.

Atau jika ingin kelihatan lebih profesional, kamu bisa membuat web site untuk melakukan transaksi jual beli online. Tak hanya itu, platform online yang menyediakan informasi kesehatan dan jasa layanan diagnostik kesehatan juga dibutuhkan. Jasa ini dibutuhkan yang diperuntukan untuk orang-orang yang tidak keluar rumah. Kamu bisa membantu memberikan informasi seputar kesehatan yang valid kebenarannya.

Mahasiswa juga bisa memanfaatkan hobi yang disukai untuk konten video. Melihat bidang-bidang bisnis di atas yang meningkat selama Covid 19, kita bisa mencari potensi usaha bisnis yang bisa dilakukan untuk menghasilkan penghasilan. Saat ini berbelanja on-line bukan sesuatu yang baru lagi di masyarakat. Jumlah pasien yang terjangkit virus Corona semakin hari semakin naik. Dilansir dari Gugus Tugas, jumlah pasien positif Corona di Indonesia yakni 2.738 kasus per tanggal 7 April 2020. Sementara itu, information dari Worldormeter menunjukkan jumlah pasien positif Corona di dunia telah mencapai lebih dari 1.4 juta orang per tanggal 8 April 2020.

Binsis yang bisa dibuka ketika masa pandemi

Sejumlah sektor industri pun alami kerugian akibat pandemi virus SARS-CoV-2 yang pertama kali muncul di Wuhan, Cina, akhir tahun lalu ini, tak terkecuali industri pariwisata. Sementara itu, pakar kreatif strategi pariwisata usulkan pemerintah bangun new normal destinantion. Lesunya ekonomi saat ini memaksa para pengusaha untuk berfikir keras bagaimana mempertahankan eksistensi usahanya.

Caranya, dengan mendahulukan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat. Program Indonesia Digital Market yang digagas platform media online Okezone dan HSBC Fusion bertujuan untuk membangkitkan semangat para pengusaha muda agar tetap produktif dan berinovasi di tengah pandemi Covid-19. Para pengusaha harus mempu berdiri di tengah situasi sulit seperti sekarang ini. Dengan tekad yang kuat, mereka pun #TernyataBisaJadiBesar di period New Normal. Hingga vaksin tersedia, interaksi dengan orang di atas sixty five tahun menjadi terbatas.

Berbagai bantuan diberikan pemerintah untuk membantu UMKM, misal Bantuan Produktif Usaha Mikro . Salah satu syarat mendapatkan BPUM yang kadang disebut BLT UMKM ini adalah punya Surat Keterangan Usaha . JIka Anda memiliki properti di kawasan strategis jangan biarkan hanya menganggur begitu saja. Renovasi kamar-kamar di properti strategis seperti Anda dan manfaatkan untuk disewakan. Pasarkan properti Anda melalui portal-portal properti online seperti Rumah.com. Siapa tahu dengan memulainya dari satu properti Anda dapat berinvestasi dan membeli properti baru di tempat lainnya.

Penyebaran virus corona cenderung meningkatkan konsumsi media berbentuk digital karena orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Penyedia video streaming seperti Netflix merasakan keuntungan karena banyak orang menghabiskan waktu untuk menonton. Tak hanya itu, sosial media seperti TikTok juga semakin banyak diakses dan populer. Kota Pekalongan – Bantuan Produktif Usaha Mikro bagi pelaku usaha mikro dilanjutkan di tahun 2021 ini.

Comments are closed.